Beranda | Artikel
Kisah Nabi Menjenguk Anak Orang Yahudi
Selasa, 9 Maret 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Kisah Nabi Menjenguk Anak Orang Yahudi adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 25 Rajab 1442 H / 09 Maret 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Kisah Nabi Menjenguk Anak Orang Yahudi

Kita telah membahas bagaimana seyogyanya seorang muslim yang memperhatikan saudaranya, sehingga apabila dia mendengar bahwa saudaranya sakit, maka dia menjenguk saudaranya tersebut. Dan telah kita sebutkan pada pertemuan yang lalu tetang manfaat dari menjenguk orang yang sakit. Di antaranya:

  1. seorang bisa mengambil pelajaran, dia bersyukur kepada Allah atas nikmat kesehatan yang Allah berikan kepadanya,
  2. mendoakan orang yang sakit, mengingatkan dia akan ganjaran bagi orang yang bersabar ketika diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan banyak manfaat lain dari menjenguk orang yang sakit.

Pada hari ini kita akan membahas bab yang sama, yaitu bab menjenguk orang yang sakit.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata:

كَانَ غُلَامٌ يَهُودِيٌّ يَخْدُمُ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَعُودُهُ، فَقَعَدَ عِنْدَ رَأْسِهِ، فَقَالَ لَهُ: ” أَسْلِمْ “. فَنَظَرَ إِلَى أَبِيهِ وَهُوَ عِنْدَهُ، فَقَالَ: أَطِعْ أَبَا الْقَاسِمِ ; فَأَسْلَمَ. فَخَرَجَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وَهُوَ يَقُولُ ” الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْقَذَهُ مِنَ النَّارِ

“Ada seorang anak kecil dari anak-anak orang Yahudi, dia dahulu sering melayani Nabi Shallallahu Alaihi Salam. Pada suatu ketika anak tersebut menderita sakit, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam datang menjenguk anak tersebut. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam duduk di sisi kepalanya lalu bersabda: ‘Masuklah engkau ke dalam Islam’. Maka sang anak melirik/melihat kepada ayahnya yang ketika itu ada di dekatnya, maka sang ayah mengatakan kepada anaknya: ‘Taatlah kepada Abul Qasim,’ maka anak itu kemudian memeluk Islam. Maka setelah itu keluarlah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sambil berkata: ‘Segala puji hanya milik Allah yang telah menyelamatkan anak itu dari api neraka.`” (HR. Bukhari)

Ini satu kisah yang menakjubkan, bagaimana akhlak Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bagaimana parangai Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai qudwah (contoh/teladan) bagi umat ini, bahkan bagi umat manusia. Ketika beliau mendengar ada sorang anak yang bukan seorang muslim ini dalam keadaan sakit, maka beliau ‘Alaihish Shalatu was Salam datang kepada anak tersebut untuk menjenguknya.

Subhanallah, alangkah indahnya akhlak yang diajarkan oleh Muhammad bin Abdillah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Makanya benar apa yang difirmankan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’anul karim:

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sungguh benar engkau berada di atas akhlak yang agung.” (QS. Al-Qalam[68]: 4)

Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Beliau menjenguk anak seorang Yahudi yang berhidmad kepada beliau.

Faedah-faedah apa yang terdapat dalam hadits yang agung ini? Mari download dan simak mp3 kajian kajiannya.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49924-kisah-nabi-menjenguk-anak-orang-yahudi/